Senin, 26 Maret 2018

TUTORIAL PEMBUATAN KUIS PADA ADOBE CS6


NAMA                    :  PUJI NURDIAH
KELAS                   :  TI 14.A.1
DOSEN                  :  ISMASARI N, S.Kom, M.Kom
MATA KULIAH  : TEKNOLOGI ANTARMUKA PENGGUNA 





TUTORIAL PEMBUATAN KUIS PADA ADOBE CS6


1. Buatlah Document Flash actionscript 2.0 dengan ukuran terserah. 

2. Buatlah layer baru(bg) dan tambahkan gambar yang berbeda pada Frame 1(untuk opening), Frame 2-6(untuk soal/kuis) dan Frame 7 untuk hasil skornya nanti.


3. Buat layer baru lagi, beri nama teks. Kemudian isi teks pada layer teks di frame 1 tersebut


4. Masih pada layer teks, frame 1. Buatlah teks dengan tipe Input Text dan tambahkan nama variabelnya. Contoh : namanya


5. Buat layer baru lagi, dan buatlah tombol 'Mulai' dengan Rectangle. 


6. Jangan lupa, isikan nama Instance pada tombol Mulai

7. Clear Frames pada Frame 2 hingga 7 di layer Tombol, agar tombol 'Mulai' hanya muncul di Opening/Awal.


8. Isilah teks berupa soal dan pilihan jawaban dari Frame 2 hingga 6.


9. Pada layer tombol, buatlah tombol untuk pilihan jawaban A hingga D.


10. Sekarang, tinggal copy paste deh pilihan a,b,c dan d ke Frame 3 hingga 6. Kemudian atur posisi tombolnya agar rapi.


11. Jangan lupa, isi nama instance dari tombolA, tombolB, tombolC dan tombolD yang nantinya berfungsi dalam pembuatan kode script.



12. Pada layer teks, buatlah teks tipe Input Text dengan nama variabel sebelumnya.
Sehingga, ketika kita masukkan nama dibagian opening. Namanya akan muncul di frame terakhir.


13. Masih pada layer yang sama, buat teks dengan tipe Dynamic Text dan nama variabelnya skor untuk menampilkan nilainya.


14. Dan yang terakhir, pake Dynamic Teks juga. tapi nama variabelnya beda ya.


15. Agar dapat kembali ke menu awal, kita tambahkan tombol Ulang dengan nama instance ulangi_btn.

Tahap 2 - Menambahkan ActionScript 2.0 Kuis/Soal Pilihan Ganda

1. Buatlah layer baru(as2), klik kanan pada frame pertama - Pilih Actions - kemudian isi kode script dibawah ini.
stop();
score = 0;
mulai_btn.onPress = function(){
     nextFrame();
};

Keterangan Kode :
  • stop(); agar ketika di Test Movie(CTRL + F5) berhenti pada frame tersebut.
  • score = 0; membuat variabel dengan nama score dan nilainya 0;
  • mulai_btn.onPress = function(){ nextframe(); }; agar ketika tombol ditekan, akan berpindah ke Frame selanjutnya.


2. Lanjut, kode script Soal/Kuis nya untuk Frame 2 sampai 6.


stop();
onEnterFrame = function(){
 skor = +score;
};

tombolA.onPress = function() {
 nextFrame();
};

tombolB.onPress = function() {
 nextFrame();
};

tombolC.onPress = function() {
 nextFrame();
};

tombolD.onPress = function() {
 score += 20;
 nextFrame();
};
Keterangan Kode :
  • onEnterFrame merupakan sebuah event handler ketika masuk pada Frame tersebut. onEnterFrame akan terus melakukan perulangan pada perintah skor = +score; sehingga nilai Score yang awalnya 0 akan terus bertambah tiap Frame.
  • score += 20; artinya variabel score akan bertambah 20 poin. Perintah score += 20; hanya ditambahkan pada tombol jawaban yang benar.

3. FINAL, tambahkan kode script berupa percabangan pada frame 7.


if (score>=70) {
 keterangan = "Perfect! Pertahankan Prestasi Anda!";
 loadMovieNum("winner.swf", 1);
}

if (score<=60) {
 keterangan = "Tidak cukup. Kasihan banget, ya!";
 loadMovieNum("loser.swf", 1);
}

ulangi_btn.onPress = function() {
 gotoAndStop(1);
};


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUTORIAL PEMBUATAN KUIS PADA ADOBE CS6

NAMA                    :  PUJI NURDIAH KELAS                   :  TI 14.A.1 DOSEN                  :  ISMASARI N, S.Kom, M.Kom ...